Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menjaga Kesehatan pada saat cuaca banjir

 Sekarang  Di indonesia Cuacanya tidak mendukung, terkadang panas dan kadang pula hujan yang sangat deras, sehingga banjir di mana mana.   


Cara menjaga Kesehatan pada saat cuaca banjir

            saat-saat seperti ini kita berharap  kita dapat tetap menjaga kesehatan kita Karna cuaca yang extrim

Dan karena keadaan cuaca dan lingkungan ini membuat kita lebih rentan terhadap serangan penyakit.


Nah Penyakit yang sering mewabah pada saat banjir ialah:


1. Penyakit Diare

Pada saat banjir melanda, sumber air minum ,khususnya sumber air minum dari sumur yang dangkal,biasanya akan banyak ikut tercemarr. Dan Apabila terjadi pengungsian, Sarana dan fasilitas yang serba terbatas pasokan nya, termasuk ketersediaan air bersih dan air mineral, akan berpotensi besar Menimbulkan penyakit diare yang penularan nya yang sangat cepat.


Nah Untuk menghindari terserangnya penyakit diare pada diri kita, kita disarankan melakukan hal-hal berikut:

Membiasakan cuci tangan dengan sabun yang bersih setiap akan makan maupun minum serta sehabis buang hajat pun kita tetap di anjurkanembasuh tangan dengan sabun.

Dan Membiasakan diri merebus air minum hingga mendidih pada setiap hari dan Menjaga kebersihan lingkungan, menghindari tumpukan sampah disekitar tempat tinggal atau rumah kita.

Dan jangn lupa menghubungi segera petugas kesehatan terdekat bila ada gejala-gejala diare yang timbul pada kluarga dan kerabat.

2. Penyakit Demam Berdarah

Pada saat musim hujan, biasanya terjadi peningkatan tempat sarang nyamuk Aedes aegypti, ialah nyamuk si penular penyakit demam berdarah. 

Dan Hal ini dikarenakan saat musim hujan banyak sampah seperti kaleng bekas, kardus ,plastik,botol plastik ban bekas dan tempat-tempat tertentu yang terisi air dan tempat genangan air untuk beberapa waktu...


Genangan air itu nanti akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya sang nyamuk tersebut. Dan Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka dengan itu risiko terjadinya penularan penyakit juga akan semakin meningkat.

Untuk itu biasakan untuk mengubur kaleng-kaleng bekas,botol minuman menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air kita dengan serapat rapat nya.

Segeralah ke dokter bila ada kluarga atau kerabat kita yang sakit dengan gejala panas tinggi yang tidak jelas sebabnya yang disertai adanya tanda-tanda perdarahan.

3. Penyakit Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Leptospirosis dapat menyerang manusia melalui paparan air saat banjir dan atau tanah yang telah terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri leptospira. Penyakit infeksi bakteri ini banyak terjadi di daerah yang sering terkena adanya banjir..

Post a Comment for "Cara menjaga Kesehatan pada saat cuaca banjir"