Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Khas Makassar Yang Wajib Di Coba

 

Ketika kamu di tanya,apa makanan khas makassar.? Mungkin yang langsung kamu terpikirkan adalah coto dan kue jalangkote.


Makanan khas makassar

Sebenarnya sih, Makassar punya yang lebih banyak makanan khas yang sama enaknya bahkan lebih enak dengan dua makanan tersebut.

Makanan-makanan yang ada di bawah ini telah menjadi ikon kuliner Makassar yang pantas untuk dicoba. Ini dia beberapa makanan khas Makassar yang wajib kamu coba.

1. Coto makassar

Komposisi isian coto makassar terdiri dari daging dengan kuah berempah khas, serta disajikan dengan buras.

Makanan khas Makassar satu ini menjadi ikon kuliner yang patut dicicipi oleh wisatawan.

2.saudara

Sop sudara terbuat dari daging sapi pilihan, bihun, dan bola kentang goreng, serta paru sapi goreng lengkap dengan kuah campur telur bebek.

Sop ini Biasanya dihidangkan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, serta telur rebus. Ada pula tambahan lain yang bisa di tambahkan yaitu sambal kacang dan irisan beberap mentimun.

Sop saudara ini awlnya ada dari Kabupaten Pangkep yang jaraknya kurang lebib sekitar lima puluh kilometer dari kota Makassar.


3. Sop Konro

makanan tradisional Makassar yang satu ini bernama sop konro terdiri dari iga atau daging sapi yang telah direbus dengan bumbu dan rempah pilihan

Bumbu dan rempahnya juga ada kayu manis, air asam, merica, pala, kacang merah, dan kluwek yang memberikan warna gelap pada kuahnya dan memberikan rasa yang mantap.

Sop Konro juga telah menjadi salah satu kuliner terkenal dari suku bugis Makassar, hidangan ini paling cocok dimakan bersama dengan ketupat.


4. Barongko atau pisang

Makanan yang satu ini juga merupakan makanan penutup khas dari daerah Bugis Makassar. Bahan bahan dasarnya pun juga menggunakan buah pisang. Pisang diproses atau di blender sehingga menjadi kue yang sangat lembut.

Buah pisang di belnder dan dihaluskan bersama bahan lain seperti telur terigu, gula, garam dan susu bubuk. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dimasak.


5. Pisang Epek

Pisang epe juga sebenarnya dibuat dari jenis buah pisang yaitu jenis pisang kepok yang masih agak setengah matang. Pisang kepok dikupas kulitnya kemudian dibakar di atas bara api, kemudian dibolak-balik sampai baunya harum serta menjadi lembek.

Setelah itu pisang dipipihkan dan dibakar kembali. Setelah matang kmudian pisang disajikan dengan disirami saus gula merah dan bisa juga dicampuran adonan gilamerah dan durian yang kental agak lebih nikmat.


6,Es palubutung

Kebanyakan lebih dikenal dengan nama es pisang ijo, akan tetapi di daerah Makassar es campur ini diberi nama es palu butung. Es palu butung atau es campur ini sangat populer dan dikenal di dalam maupun luar kota Makassar.

Bahan utama nya hanya campuran es, dan ini terdiri dari pisang hijau yang telah dipotong-potong, bubur sumsum, es serut, santan serta di beri susu kental manis dalam adonan nya.

7.Pallubasa

Pallubasa sebenarnya hampir mirip dengan coto makassar. Cuman Bedanya, kalau pallubasa memakai daging sapi dengan jeroan usus, hati dan jantung sapi untuk semua isinya.

Nama pallubasa sebemarnya yang diambil dari bahasa Bugis Makassar yaitu pallu yang berarti makanan dan basa berarti basah.

Jadi kesimpilannya pallubasa adalah makanan basah atau berkuah, yang paling enak disantap dengan sepiring nasi dengan tambahan kuning telur ayam kampung..

Post a Comment for "Makanan Khas Makassar Yang Wajib Di Coba"